Begitu banyak daerah tertinggal  dan penuh konflik di negri ini. Namun kini saya hanya ingin menulis tentang daerah di ujung Timur. Pernah kah  anda  berpikir  bertempat  tinggal di Papua  atau bermimpi  untuk membangun daerah itu agar sejajar dengan daerah yang lebih maju di Indonesia ini seperti Medan, Jakarta dan daerah lainnya? Jawabannya cukup ada dihati anda.

Apabila saya ungkapkan keinginan itu maka  begitu banyak sanggahan yang merupakan suatu gambaran dari masyarakat ini yang menurut  banyak orang  Papua   merupakan daerah  konflik yang harus dihindari, apalagi penduduknya yang masih kental dengan  adat Suku Dayak. Tapi bagaimanapun  Papua adalah bagian dari INDONESIA  yang memiliki hak yang sama dengan daerah lain, butuh perhatian dan bantuan dari banyak orang.

"Sampaikan kalau Tanah Papua itu Aman".  Saya mengambil kata-kata  Gubernur Papua Syamsul Arief rivai dalam acara welcome party di kediaman gubernur. Kita  tidak  bisa  pungkiri bahwa memang ada konflik disana tapi  tidak semua daerah yang begitu, yang  selalu di beritakan, hanya di daerah pegunungan yang merupakan konflik  Budaya.

Ini bukan hanya tugas pemerintah saja tapi ada peran kita sebagai rakyat Indonesia  untuk mengubah image itu. Bagaimana Negara lain mampu menghargai Indonesia jika rakyatnya saja masih begitu tidak peduli dengan daerah yang sahnya masih bagian dari Indonesia. Ternyata Bhineka tunggal ika yang kini menjadi bagian dari 4 pilar  Negara Indonesia tak sejalan dengan makna nya.

Tak terlepas dari itu peran media juga harus diperhatikan, karena selama ini media terlalu membumingkan bahwa Papua tidak aman, penuh konflik dan lain sebagai nya. Oleh sebab itu sebagai penikmat media  jangan 100% mengkonsumsi informasi dari media. Kita juga harus mampu memfilter dan mencari kebenaran nya. Agar kita mampu berpikir dan bertindak dengan benar.

Kenapa kita begitu acuh kepada mereka padahal kita tidak bisa pungkiri Indonesia bisa menjadi seperti sekarang ini tak terlepas adanya bantuan dari  tanah Papua melalui pemasukan kas Negara. Mulai dini gerakkanlah  diri  anda untuk peduli dengan keadaan yang terjadi disana atau pada daerah tertinggal  lainnya. Marilah kita bantu pemerintahan Papua  untuk membangun Papua menjadi daerah yang maju. Minimal yang mampu kita lakukan adalah  membantu menghilangkan image tersebut.

Mari Indonesia Bersatu..

Wallahualam..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top